Kamis, 14 Maret 2013

MATERI KELAS 8

Menu Pada Microsoft Word Posted by treest on 7 September 2009 Menu Pada Microsoft Word MS-Word 1. Standar Toolbar Standar toolbar berisi perintah pokok yang berhubungan dengan dokumen secara menyeluruh. Standar Toolbar Standar toolbar Shortcut icon yang terdapat pada standard toolbar dapat dimanfaatkan sesuai fungsinya, dengan memilih salah satu tombol berikut : 1. New Blank Document, Untuk menampilkan lembar kerja baru 2. Open, Untuk membuka berkas dokumen 3. Save, Untuk menyimpan berkas dokumen 4. E-mail, Untuk mengirim isi dari dokumen sebagai pesan e-mail 5. Print, Untuk mencetak berkas dokumen 6. Print Preview, Untuk melihat hasil berkas dokumen sebelum dicetak 7. Spelling and Grammar, Untuk melakukan pemeriksaan ejaan serta susunan kalimat 8. Cut, Untuk memotong / menghilangkan objek dan merekamnya ke dalam clipboard 9. Copy, Untuk menyalin objek ke dalam clipboard 10. Paste, Untuk menampilkan objek yang terekam di clipboard 11. Format Printer, Untuk menyalin format objek atau teks 12. Undo, Untuk membatalkan perintah terakhir 13. Redo, Untuk kembali pada perintah terakhir 14. Insert Hyperlink, Menyisipkan link untuk membuat, membuka, mengetikkan sebuah dokumen atau berpindah ke dokumen lain. 15. Tables dan Borders, Untuk menampilkan atau menyembunyikan toolbar table-border 16. Insert Table, Untuk menyisipkan tabel 17. Insert Excel Worksheet, Untuk menyisipkan lembar kerja Microsoft Excel 18. Columns, Untuk melakukan pengaturan kolom Koran 19. Drawing, Untuk menampilkan atau menyembunyikan menu Drawing 20. Document Map, Untuk menentukan pada posisi mana pekerjaan yang sedang berlangsung 21. Show / Hide, Untuk menampilkan atau menyembunyikan karakter-karakter yang tidak dicetak dan teks yang tersembunyi. 22. Zoom, Untuk memperbesar atau memperkecil tampilan kerja 23. Microsoft Word Help, Untuk meminta bantuan secara 2. Formatting Toolbar Formatting Toolbar berisi semua perintah yang berhubungan dengan pengolahan teks pada dokumen aktif. Formating Toolbar Formatting toolbar Shortcut icon yang terdapat pada Formatting toolbar dapat dimanfaatkan sesuai fungsinya, dengan memilih salah satu tombol berikut : 1. Style, Untuk memilih gaya pada paragraph 2. Font, Untuk menentukan jenis huruf 3. Font Size, untuk menentukan ukuran huruf 4. Bold, Untuk membuat huruf atau teks cetak tebal 5. Italic, Untuk membuat huruf atau teks cetak miring 6. Underline, Untuk membuat garis bawah 7. Align Left, Untuk membuat teks atau paragraph pada posisi center 8. Center, Untuk membuat teks atau paragraph pada posisi center 9. Align Right, Untuk membuat teks atau paragraph rata kanan 10. Justify, Untuk membuat teks atau paragraph rata kanan 11. Numbering, Untuk membuat penomoran pada teks atau paragraph 12. Bullets, Untuk membuat penandaan pada teks atau paragraph 13. Decrease Indent, Untuk menggeser left indent kearah kiri 14. Increase Indent, Untuk menggeser left indent kearah kanan 15. Outside Border, Untuk menampilkan / menyembunyikan batas garis 16. Highlight (Teal), untuk membuat penandaan pada teks 17. Font Color, Untuk mengatur warna pada huruf 3. Drawing Toolbar Drawing Toolbar berisi fasilitas serta perintah yang berhubungan dengan gambar atau objek. Drawing Toolbar Drawing toolbar Shortcut icon yang terdapat pada drawing toolbar dapat dimanfaatkan sesuai fungsinya, dengan memilih salah satu tombol berikut : 1. Draw, Merupakan pulldown menu yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengaturan gambar atau objek 2. Select Objects, Pointer untuk melakukan proses selecting / selecting objek gambar 3. Free Rotate, Untuk menentukan ukuran huruf 4. Auto Shapes, Pulldown menu yang berisi galeri bentuk-bentuk objek instant yang dapat dipilih secara otomatis 5. Line, Untuk membuat garis lurus secara vertical, horizontal maupun diagonal 6. Arrow, Untuk membuat garis lurus dengan mata panah pada bagian ujungnya 7. Rectangle, Untuk membuat objek kotak (persegei atau bujur sangkar) 8. Oval, Untuk membuat objek oval atau lingkar 9. Text Box, Untuk membuat kotak yang dapat diisi teks didalamnya 10. Insert Word Art, Untuk menyisipkan Word Art 11. Insert Clip Art, Untuk menyisipkan Clip Art 12. Fill Color, Untuk mengisi warna pada objek bidang 13. Line Color, Untuk memberi warna pada garis 14. Line Style, Untuk membuat pengaturan model garis 15. Dash Style, Untuk membuat pengaturan model garis putus-putus 16. Arrow Style, Untuk membuat pengaturan model mata panah 17. Shadow, Untuk menampilkan efek bayangan pada objek 18. 3 – D, Untuk menampilkan efek 3 Dimensi pada objek 4. Lembar Kerja Microsoft Word Lembar Kerja Microsoft Word 1. Menu File Menu File Menu yang berhubungan dengan operasi terhadap file dokumen dengan sub menu sebagai berikut : Sub Menu Fungsi 1. New, Membuat Dokumen baru 2. Open, Membuka file dari peranti / media penyimpan 3. Close, Menutup jendela dokumen aktif 4. Save, Menyimpan dokumen yang masih aktif 5. Save As, Menyimpan dokumen yang belum mempunyai nama atau mengganti nama file dokumen yang akan disimpan 6. Save As, Menyimpan dokumen dalam bentuk halaman web 7. Web Page 8. Web Page melihat contoh tampilan halaman web yang dibuat dan yang akan dicetak 9. Preview 10. Page Setup, Mengatur halaman dokumen yang akan dicetak 11. Print Preview, Melihat contoh hasil dokumen (margins, ukuran kertas) sebelum dicetak melalui printer 12. Print, Mencetak dokumen 13. Send To, Mengirim dokumen 14. Properties, Membuat ringkasan dari dokumen yang aktif 15. Exit, Keluar dari Word sebelum menutup semua dokumen 2. Menu Edit Menu Edit Menu yang berhubungan dengan penyuntingan (editing) terhadap file dokumen dengan submenu sebagai berikut : Submenu Fungsi 1. Undo, Membatalkan perintah yang terakhir dilakukan 2. Repeat, Mengulangi perintah terakhir yang sebelumnya dibatalkan melalui perintah undo 3. Cut, Memotong sebagian atau seluruh data 4. Copi, Menyalin data 5. Paste, Menyisipkan / meletakkan hasil copi dan cut 6. Paste Special, Fasilitas pendukung perintah cut dan copi terhadap hyperlink pada dokumen 7. Clear, Membersihkan atau menghapus semua data yang ada di dokumen 8. Select All, Memilih (memblok) seluruh isi dari dokumen 9. Find, Mencari data pada dokumen 10. Replace, Menggantikan data pada dokumen dengan data baru 11. Go to, Berpindah ke halaman tertentu dari dokumen bagian – bagian dari dokumen atau footnote 12. Link, Menampilkan atau mengubah setiap link yang ada di file dokumen 13. Objek, Mengedit objek yang berasal dari insert yang berhubungan dengan link (objek Clipart, dll) 3. Menu View Menu View Menu yang berhubungan dengan tampilan dari file dokumen dengan sub menu sebagai berikut : Submenu Fungsi 1. Normal menampilkan dokumen dalam status normal 2. Web Layouts menampilkan dokumen dalam layouts web 3. Print Layouts menentukan dokumen dalam layouts cetak 4. Outline menampilkan struktur dokumen 5. Toolbar memunculkan toolbar words 6. Ruler memunculkan mistar dokumen 7. Dokumen map memunculkan bagian dari sub bagian dari dokumen pada jendela tersendiri 8. Header dan Footer membuat header dan footer sebagai efek cetakan 9. Comments menampilkan toolbars reviewing dan comment pada dokumen 10. Footnotes menampilkan cetakan kaki dokumen 11. Fullscreen menampilkan dokumen satu tayangan penuh 12. Zoom mengubah ukuran penampilan dokumen words 4. Menu Insert Menu Insert Menu yang berhubungan dengan penyisipan pada file dokumen dengan sub menu sebagai berikut : Submenu Fungsi 1. Break, untuk membuat pemutusan halaman, section, kolom atau pun teks dari dokumen word 2. Page numbers, menyisipkan nomor halaman 3. Date and Time, menyisipkan tanggal dan waktu 4. Autotext, menyisipkan text tertentu 5. Field, menyisipkan field 6. Symbol, menyisipkan symbol 7. Comments, memberikan komentar lembar kerja 8. Footnote, menyisipkan catatan kaki dokumen 9. Cattions, menyisipkan judul table grafik atau persamaan dalam table 10. Croosreverense, menyisipkan reverensi silang 11. Index dan Tables, menyisipkan indeks dokumen, daftar isi, daftar gambar 12. Picture, menyisipkan gambar dari fasilitas cliptart, pronfile autosave organitations cart dan wordart 13. Textbox, menyisipkan kotak yang dapat diisi teks 14. File, menyisipkan file dokumen 15. Object, menyisipkan objek 16. Bookmark, menyisipkan bookmark 17. Hyperlink, menyisipkan teks dan gambar hyperlink pada lembar kerja dan membuat shortcut dalam membuka lembar kerja yang tersimpan di piranti penyimpanan 5. Menu Format Menu Format Menu yang berhubungan dengan operasi pengaturan terhadap file dokumen dengan submenus sebagai berikut : Submenu Fungsi 1. Font, mengatur tampilan font yang digunakan dalam dokumen 2. Paragraph, mengatur paragraph 3. Bullet and Numbering, mengatur pemberian tanda dan penomoran item 4. Border and Shading, mengatur batas-batas dan pembuatan efek bayangan 5. Columns, mengatur laju kolom dalam dokumen 6. Tabs, mengatur letak tabulasi dokumen 7. Changecase, mengubah huruf capital 8. Background, mengatur warna latar belakang dari dokumen 9. Theme, mengganti style dokumen 10. Frames, mengatur frames 11. Autoformat, mengatur secara otomatis 12. Style, mengatur style paragraph 6. Menu Tools Menu Tools Menu yang berhubungan dengan operasi file terhadap dokumen dengan submenu sebagai berikut : Submenu Fungsi 1. Spelling and Grammar, memeriksa ejaan pada kata dokumen 2. Language , mengatur penggunaan bahasa 3. Wordcount, penghitungan jumlah halaman huruf, kata dan paragraph 4. Autocorrect, untuk menggabungkan dokumen 5. Trackchanges,melihat pengubahan data yang dilakukan berdasarkan waktu, siapa dan dimana pengubahan itu terjadi di dalam jaringan computer 6. Protect Document, mengamankan atau memproteksi dokumen online 7. Collaboration, menyusun dan mengadakan pertemuan beserta dengan jadwalnya, fasilitas ini terdiri dari MeetnNow, Schedule Meeting dan Web Discussion 8. Mailmerge, menggunakan fasilitas mailmerge 9. Envelope and Lables , pembuatan surat dan label 10. Letter Wizzards, membuat surat dengan fasilitas bantuan dan word 11. Macro, membuat atau menjalankan program macro, mengedit atau menghapus macro 12. Templates and Add Ins, mengaktifkan atau menonaktifkan program Add and Templates Word 13. Costumade Menta Toolbars, menambahkan command baru, membuat menu dan toolbars sesuai dengan keinginan pengguna 14. Options, pilihan dalam pengaturan 7. Menu Table Menu Tabel Menu yang berhubungan dengan pembuatan table dalam dokumen. Dengan submenu sebagai berikut : Submenu Fungsi 1. Drawtable, membuat table dengan menggambar 2. Insert, menyisipkan table 3. Delete, menghapus data 4. Mergecells, menggabungkan sel-sel dalam table 5. Splitcels, memisahkan sel-sel dalam table 6. Convert, mengkonversi table kedalam teks atau sebaliknya 7. Sort, mengurutkan data dalam table 8. Table Property, menampilkan rangkuman dalam table 8. Menu Window Menu Window Menu yang berhubungan dengan pengaturan terhadap jendela kerja dari dokumen dengan submenu sebagai berikut : Submenu Fungsi 1. New Windows, memperlihatkan dokumen yang sedag di edit pada jendela baru 2. Arrange All, mengatur jendela dari dokumen 3. Split, membagi dokumen menjadi beberapa bagian 9. Menu Help Menu Help Menu yang berhubungan dengan fasilitas bantuan dari word dengan submenu sebagai berikut : Submenu Fungsi 1. Microsoftword Help, menampilkan fasilitas office assistantk, dengan nama logo berturut seperti berikut eClippi, thedort, F1, Thedinius, Oficelogo, Mothernature, Links dan rocki Show Office assistant melihat keterangan dan topic terpilih secara langsung tanpa melalui fasilitas help 2. What’this ? memberikan penjelasan dan fungsi word dengan menampilkan teks pada toolbars 3. Office on the web, koneksi internet pada situs office pada Web 4. Detect and Repair, mendeteksi dan memperbaiki kesalahan pada word 5. About Microsoft, melihat penjelasan tentang Word dan konfigurasi computer yang digunakan About these ads

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar